Beberapa Khasiat dan Manfaat Temu Ireng / Temu Hitam

Manfaat temu ireng (temu hitam) ternyata mempunyai khasiat / kegunaan bagi kesehatan khususnya dalam pengobatan berbagai macam penyakit secara alami yang dibuat ramuan obat herbal atau tradisional. Dari yang pernah saya dengan sendiri, temu hitam ini banyak digunakan untuk pendongkrak nafsu makan, mengatasi penyakit maag, dan juga obat asma tradisional paling ampuh. Namun sebelum mengetahui lebih jauh manfaat sehat lainnya, lebih baik mengenal dulu sekilas tanaman yang satu ini.

khasiat manfaat temu ireng temu hitam

Tanaman temu ireng,temu hitam atau ada juga menyebutnya koneng hideung mempunyai nama latin Curcuma Aeruginosa serta taksonomo atau klasifikasi tumbuhan sebagai berikut.

Klasifikasi temu ireng / temu hitam
  • Divisio : Spermatophyta 
  • Sub divisio : Angiospermae 
  • Kelas : Monocotyledona
  • Ordo : Zingiberales
  • Famili : Zingiberaceae 
  • Genus : Curcuma 
  • Species : Curcuma aeruginosa Roxb.
Morfologi atau ciri-ciri tumbuhan temu ireng /temu hitam ini diantaranya mempunyai batang pohon dengan tinggi sekitar 1 sampai dengan 2 meter, batangnya tersusun oleh kumpulan pelepah daun, berwarna hijau atau cokelat gelap. Daunnya tunggal, bertangkai panjang, jumlahnya 2 sampai 9 helai. Helaian daun bentuknya bundar memanjang sampai lanset, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, warnanya hijau tua dengan sisi kiri – kanan ibu tulang daun terdapat semacam pita memanjang berwarna merah gelap atau lembayung, panjang 31–84 cm, lebar 10–18 cm. Bunga temu ireng majemuk berbentuk bulir yang tandannya keluar langsung dari rimpang, panjang tandan 20–25 cm, bunga mekar secara bergiliran dari kantong-kantong daun pelindung yang besar, pangkal daun pelindung berwarna putih, ujung daun pelindung berwarna ungu kemerahan. Mahkota bunga berwarna kuning. Umbi atau rimpangnya cukup besar dan merupakan umbi batang. Rimpang juga bercabang-cabang. Jika rimpang tua dibelah, tampak lingkaran berwarna biru kehitaman di bagian luarnya. Rimpang temu hitam mempunyai aroma yang khas. Perbanyakan dengan rimpang yang sudah cukup tua atau pemisahan rumpun.

Berbicara manfaat sehat, tentu erat kaitannya dengan kandungan penting (zat gizi) didalamnya. Adapun kandungan kimia temu ireng diantaranya ada minyak atsiri, tanin, zat pati, damar, lemak, mineral, kurkumol, kurkumenol, isokurkumenol, kurzerenon, kurdion, kurkumalakton, germakron, a,B, g-elemene, linderazulene, kurkumin, demethyoxykurkumin dan bisdemethyoxykurkumin.

Dan berikut ini adalah manfaat dan khasiat temu ireng / temu hitam untuk kesehatan dalam mengobati beberapa penyakit secara alami tentu dengan dibuat ramuan herbal / tradisional.

Meningkatkan nafsu makan
Untuk meningkatkan nafsu maksan anda anda cukup sediakan temu hitam sebesar ibu jari yang telah dicuci bersih. Iris tipis-tipis kemudian rebus dengan menggunakan dua gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisa hanya satu gelas. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut lalu minum secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore sebelum makan.

Batuk berdahak, sesak napas
Cuci rimpang segar temu hitam (25 g), lalu potong tipis-tipis. Rebus dengan dua gelas air sampai mendidih selama 20 menit. Setelah dingin, saring, lalu bagi dua sama banyak untuk diminum pada pagi dan sore hari.

Membersihkan darah setelah melahirkan
Cuci temu hitam (dua jari tangan), lalu buang kulitnya. Tumbuk sampai halus, tambahkan setengah cangkir air panas, lalu aduk merata. Setelah dingin, saring dengan sepotong kain dan minum sekaligus. Lakukan selama tiga hari setelah melahirkan.

Mengobati cacingan
Caranya cukup sediakan parutan temu ireng kemudian rebus dan tambahkan gula aren secukupnya. Setelah hangat minumlah air rebusan tersebut secara teratur penyakit cacingan anda sembuh

Selain beberapa penyakit diatas, bisa juga untuk mengatasi penyakit lainnya seperti kudis, ruam kulit, borok, perut mulas (kolik), sariawan, batuk, dan juga sesak napas. Caranya hampir sama, untuk pengobatan dalam (yang diminum) cukup gunakan rimpang sebanyak 1–2 jari tangan yang kemudian direbus. Sedangkan untuk pemakaian luar (yang dioleskan) cukup sediakan rimpang segar secukupnya untuk kemudian kupas dan giling sampai halus. Tambahkan minyak kelapa, aduk merata, lalu gunakan untuk menutup penyakit kulit yang anda derita

Demikianlah artikel mengenai manfaat dan khasiat temu ireng / temu hitam. Semoga informasinya dapat menambah pengetahuan anda dalam bidang tanaman.
Advertisement

0 Komentar untuk "Beberapa Khasiat dan Manfaat Temu Ireng / Temu Hitam"