13 Manfaat Dan Khasiat Bunga Turi Untuk Pengobatan Alami

Manfaat bunga turi untuk kesehatan - kembang turi atau Bunga turi dengan nama latin Sesbania grandiflora adalah tanaman yang masuk kedalam keluarga Papilionaceae dan biasanya banyak ditanam di pekarangan rumah untuk digunakan sebagai tanaman hias. Namun siapa sangka, ternyata kembang atau bunga ini menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya saja berkhasiat dalam mengobati beberapa penyakit secara alami. Penasaran kan ?

khasiat manfaat kembang bunga turi untuk kesehatan payudara ibu hamil

Jangan heran, ini karena tanaman tersebut mengandung banyak zat berguna yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya saja nih, pada daun bunga turi mengandung tanin, saponin, peroksidase, glikoside, vitamin A dan vitamin B, yang berkhasiat untuk menghilangkan sakit, mencairkan gumpalan darah, pencahar ringan, dan peluruh kencing . Kulit batang tanamannya mengandung senyawa tanin, egatin, zantoagetin, basorin, resin, calsium oksalat, sulfur, peroksidase serta zat warna yang khasiatnya sebagai penghilang rasa sakit (analgetik), penurun panas (anti piretik), pencahar, pengelat (astringen), perangsang muntah, tonik. Sementara bunganya itu sendiri mengandung kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A dan B yang justru sangat bermanfaat untuk melembutkan kulit, pencahar dan juga sebagai penyejuk.

Nah dibawah ini adalah manfaat lain dari bunga turi untuk mengobati penyakit tertentu secara alami lengkap dengan cara pengolahan bahan - bahannya.

1. Keputihan
Jamur Candida merupakan biang keladi penyakit keputihan pada wanita. Untuk mengatasinya anda cukup siapkan segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari, dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Tambahkan 3/4 cangkir air minum, diaduk merata lalu diperas dan disaring. Minum air ramuan tersebut rutin sebanyak 2 kali sehari.

2. Disentri
Untuk mengobati disentri caranya rebus kulit batang pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari menggunakan 2 gelas air bersih hingga tersisa inggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari.

3. Menambah ASI
Ini khusus bagi ibu yang menyusui loh jika kebetulan susah keluar ASI atau keluar tapi sedikit bisa diatasi dengan mengkonsumsibunga turi. Caranya bisa menggunakan bunga turi putih atau daun turi muda yang dijadikan lalap lalu dimakan seperti biasanya.

4. Demam Akibat Cacar Air
Jika anak Anda mengalami demam akibat terkena penyakit cacar air, caranya cukup sediakan kulit batang buga turi sebesar ibu jari, kemudian rebuslah dengan air secukupnya. Setelah dingin airnya disaring lalu diminum.

5. Badan Pegal Linu
Jika anda mengalami pegal linu gunakan cara ini yaitu sediakan akar dari pohon turi berbunga yang merah secukupnya. Giling akar tersebut hingga halus dan tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Gosokkan ramuan tersebut ke bagian badan yang anda derita.

6. Sakit Tenggorokan
Ternyata bunga turi pun bisa juga digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan, ga percaya ? silahkan ambil segenggam daun turi lalu diremas-remas dalam air matang. Gunakan air remasan tersebut untuk berkumur hingga ke tenggorokan.

7. Mengobati Sariawan
Selain dapat digunakan untuk sakit tenggorokan, bunga turi juga berkhasiat untuk mengobati saiawan dengan cara sediakanlah kulit batang segar pohon bunga turi lalu diremas-remas dalam air. Kemudian airnya dipakai untuk berkumur. Alternatif lainnya yaitu dengan merebus kulit batang pohon turi, dan air rebusannya diminum.

8. Batuk Berdahak
Akar turi juga berkhasiat mengobati batuk berdahak dengan cara sediakan satu ruas jari akar turi kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan dengan 1/2 cangkir air matang dan 1 sendok makan madu. Aduk semua bahan hingga rata, kemudian diperas dan minum airnya.

9. Radang tenggorokan
Caranya cukup rebus segenggam daun turi merah menggunakan air bersih secukupnya. Setelah dingin, lalu disaring dan dipakai untuk berkumur sebanyak 4 kali sehari.

10. Kuku Bengkak
Kuku bengkak bisa terjadi oleh beberapa hal misalnya saja akibat tersandung atau terpukul. Jika anda kebetulan mengalaminya, sediakanlah daun turi yang telah dicuci bersih lalu ditumbuk hingga halus. Taruh diatas kuku yang sakit dan kulit sekitarnya, lalu dibalut dengan apa saja yang sekiranya tidak mudah lepas. Ganti 2-3 kali sehari. ara tersebut dapat menghilangkan bekuan darah di bawah kuku hingga sakitnya pun akan berkurang.

11. Mengobati Batuk
Ini untuk mengobati batuk normal selalin batuk berdahak atau sebagainya. Caranya cukup ambil segenggam daun turi merah dan segenggam daun inggu. Cuci bersih dan tumbuk kedua bahan hingga halus. Tambahkan perasan air jeruk nipis dan aduk hingga rata. Peras airnya lalu anda minum.

12. Demam Nifas
Untuk mengobati demam nifas caranya dengan menumbuk daun turi sampai halus, kemudian tambahkan 3/4 cangkir air matang dan juga sedikit garam. Saringlah air perasan dan lalu minum.

13. Sakit Kepala dan Hidung Berair
Sediakan satu genggam daun dan bunga turi kemudian tumbuk kedua bahan hingga benar - benar halus. Tambahkan setengah cangkir air matang, saring dan minum airnya.

Wah ternyata selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias ternyata pohon turi memiliki banyak manfaat untuk mengobati penyakit secara alami. Semoga informasinya dapat menambah pengetahuan anda
Advertisement

0 Komentar untuk "13 Manfaat Dan Khasiat Bunga Turi Untuk Pengobatan Alami"