Tangga Nada Mayor Gitar Berikut Penjelasannya

Tangga nada mayor adalah tangga nada yang mempunyai urutan interval (jarak antar nada) yaitu 1, 1, 1/2 1, 1, 1, 1/2. Tangga nada mayor ini biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do, serta dipakai untuk mengiringi musik yang bersifat riang, gembira, dan penuh semangat.

contoh tangga nada mayor gitarPengetahuan tentang tangga nada memang sangat diperlukan bagi pemain gitar maupun pemain alat musik lainnya, baik itu mayor maupun minor. Kenapa ? Sebab hal ini merupakan bagian yang tidak dapat diabaikan serta dipisahkan. Dengan adanya tangga nada yang teratur maka penyanyi pun tidak akan terlalu sulit untuk mengikutinya.

Dengan adanya pengetahuan terhadap tangga nada berarti kita pun lebih mudah dalam mencari kunci - kunci selanjutnya dan musik yang kita sajikan pun akan terdengar indah juga berurutan. Untuk mengetahui tangga nada dari masing - masing kunci gitar, silahkan sobat perhatikan uraian dan contoh tangga nada mayor pada gitar berikut ini yang akan saya bahas dimulai dan diawali dari nada :


1. Kunci Dasar C

Dalam permainan musik yang indah, maka kunci tersebut tidak berhenti hanya sampai disitu saja, tentu ada susunan dan urutan tangga nadanya. Adapun untuk tangga nada kunci C ini sendiri yaitu F-G-C, dan setelah mendapatkan tangga nada tersebut maka menjadi C-F-G-C. Artinya setelah anda mengetahui kunci dasar C maka pindah ke kunci F kemudian ke G dan kembali lagi ke kunci C.


2. Kunci Dasar F

Banyak pemain gitar yang tidak menyukai kunci F sebagai salah satu kunci dasar. Alasannya karena mereka tidak dapat mencari tangga nada selanjutnya padahal tetap ada, adapun tangga nada dari kunci dasar F adalah Bes-C-C7. Dan setelah mendapatkan tangga nada seperti itu maka menjadi kunci yang berurutan yaitu F-Bes-C-F atau F-Bes-C7-F. Jika tiap perpindahan kunci selalu disisipi kunci penghubung maka suara yang dihasilkan akan semakin beragan dan serasi.


3, Kunci Dasar G

Kunci dasar G juga mempunyai tangga nada yang berurutan. Jika dimainkan dengan benar makan menghasilkan satu musik yang indah. Untuk itu kita perhatikan contoh tangga nada seperti ini : C-D-Am atau Bm-D, setelah kunci G mendapatkan tangga nada seperti kunci tersebut maka akan menjadi G-C-D-G yang artinya dari kunci dasar G kemudian pindah ke C dan dilanjutkan ke D lalu kemudian kembali lagi ke G.


4. Kunci Dasar D

Tangga nada yang tepat untuk kunci dasar D adalah G, A atau G, A7. Tangga nada tersebut jika dimainkan dengan benar maka akan melahirkan musik yang indah didengar. Dengan adanya kunci G, A atau G dan A7 maka akan menjadi D-G-A atau D-G-A7 yang artinya setelah menempatkan kunci dasar D, kemudian pindah ke kunci G dan A, dan setelah itu kembali lagi ke kunci D. 

Jika sobat melakukan perpindahan atau katakanlah latihan dengan kunci - kunci tersebut secara rutin maka dalam waktu singkat jari - jari tangan anda pun akan semakin lincah.


5. Kunci Dasar E

Jika anda menempatkan kunci E sebagai kunci dasar, maka suara penyanyi akan ditekan serendah mungkin. Sebab kunci ini merupakan dua dari tiga nada terendah. Seandainya suara anda mencapai titik rendah dan sesuai dengan kunci E, maka tangga nada yang diikuti lebih mudah dalam mencarinya dan suara pun akan naik sedikit demi sedkit.

Adapun tangga nada yang tepat untuk kunci dasar E yaitu A, B (B7). Dengan adanya kunci tersebut sebagai tangga nada maka akan membentuk E-A-B-E atau E-A0B7-E, yang artinya setelah anda menempatkan kunci dasar E maka pindah ke kunci A, kemudian ke kunci B dan kembali pada kunci E, atau bisa mengubah kunci B menajdi B7.

Setelah mengetahui kunci dasar dan tangga nadanya maka lanjutkan dengan memetik atau menggenjreng gitar sambil mengikuti kunci - kunci tersebut. Lakukan berulang agar jari anda semakin lincah dan tepat.


6. Kunci Dasar A
Seperti kunci lainnya yang dijasikan kunci dasar, maka kunci A juga mempunyai tangga nada yang berurutan sehingga terdengar merdu. Adapun tangga nadanya yaitu Dm, G, Em. Dengan adanya 3 kunci tersebut sebagai tangga nada maka akan menjadi A-Dm-G-Em-A, yang artinya setelah kunci dasar A maka permainan gitar dilanjutkan ke kunci Dm, G, dan Em kemudian kembali lagi ke kunci A.
Advertisement

0 Komentar untuk "Tangga Nada Mayor Gitar Berikut Penjelasannya"