Beberapa Penyebab Blue Screen Windows 7

Apa sih penyebab blue screen Windows 7 ? sebenarnya jawabannya tergantung dari kode atau pesan peringatan yang ditampilkan ketika blue screen itu sendiri tampil. Blue screen of death atau layar komputer menjadi biru ketika di nyalakan atau ketika sedang proses terjadi karena beberapa hal. Penyebab blue screen windows 7 ini sendiri diantaranya ada masalah dengan driver komputer, BIOS yang corrupt, RAM yang kotor atau rusak, hingga bisa saja karena power supply yang kekurangan daya atau bahkan rusak. Beberapa masalah tersebut dapat mengakibatkan blue screen dengan pesan peringatan error yang berbeda sesuai dengan akar masalahnya

Beberapa Penyebab Blue Screen Windows 7

Dengan melihat pesan error yang ditampilkan pada saat blue screen, otomatis anda pun bisa mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam mengatasinya, dan berikut ini kode error yang sering muncul saat blue screen di Windows 7.

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Jika anda mendapat pesan kesalahan seperti ini, umumnya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer. Penyebabnya tiada lain yaitu driver yang bentrok atau tidak cocok seperti VGA yang di overclock melebihi batas atau setelah mengganti VGA baru namun anda belum menguninstall driver VGA lama dari chipset berbeda. Masalah ini juga bisa terjadi seperti audio card yang salah mengkonfigurasi atau terdapat bug dalam drivernya


NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan ini tampil ketika terjadi masalah di partisi atau file system. namun bukan di harddisknya akan tetapi tepatnya didalam Ntfs.sys. 


UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Kode peringatan seperti ini terjadi karena overclock hardware yang berlebihan, komponen komputer yang kepanasan, BIOS yang korup, atau bisa juga memory serta CPU yang cacat. 


DATA_BUS_ERROR
Kesalahan terjadi kemungkinan karena adanya memory atau slot memory di motherboard yang rusak, atau bisa juga karena kerusakan motherboard / harddisk.


PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA (0×00000050) 
Disebabkan karena adanya kerusakan hardware seperti memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache), serta software yang tidak kompatibel. 


INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE (0X0000007B)
Adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset. Biasanya masalah ini timbul pada saat startup Windows apabila Windows tidak dapat membaca data mengenai system boot partition. Bisa juga disebabkan karena harddisk yang error, file boot.ini yang cacat (corrupted). Bila tidak ada masalah pada disk drive, partisi dan file boot.ini (ketika dua Operating System terinstall) coba cek settingan booting pada BIOS. Apabila pesan ini muncul ketika sedang melakukan upgrade Windows, itu dapat disebabkan adanya hardware yang tidak cocok dengan Windows. 


VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE (x000000B4)
Kesalahan terjadi pada instalasi driver VGA yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver dan terjadi konflik dengan hardware grafis (parallel or serial port). 


BAD_POOL_CALLER (0X000000C2)
Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru. 


PEN_LIST_CORRUPT
Pesan kesalahan ini akan muncul karena adanya kerusakan RAM


MACHINE_CHECK_EXCEPTION (x0000009C)

Disebabkan oleh cacatnya hardware seperti memori, CPU, bus, atau power supply. Atau bisa akibat overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.


Nah itulah beberapa penyebab blue screen Windows 7 yang umum dijumpai, namun tak menutup kemungkinan pesan kesalahan ini juga terjadi di Windows versi lainnya.
Advertisement

0 Komentar untuk "Beberapa Penyebab Blue Screen Windows 7"