Tips Cara Diet Sehat, Mudah Serta Aman

Tips cara diet sehat dan aman - menjaga pola makan, olahraga teratur, makan makanan seimbang merupakan salah satu kunci untuk diet sehat.

Tips Cara Diet Sehat, Mudah Serta Aman

Sebenarnya kunci keberhasilan diet anda ditentukan oleh perilaku anda sehari - hari dalam mengkonsumsi makan. Dan berikut ini rangkuman tips perilaku diet sehat dan aman agar tidak kegemukan :
  1. Nikmati makanan anda dan makanlah secara pelan - pelan.
  2. Minumlah sedikitnya 8 gelas air setiap hari. Jangan makan malam jika anda kurang minum di siang dan sore hari.
  3. Pilih satu tempat didalam rumah khusus untuk makan. Makanlah sampai habis dan jangan berpindah - pindah.
  4. Variasikan jumlah kalori makanan anda setiap hari supaya tubuh anda tidak terbiasa dengan jumlah kalori tertentu.
  5. Sediakan makan dan minuman seperti buah - buahan, sayuran, dan sari buah murni. Makanlah ketika anda lapar.
  6. Bila perlu buatlah catatan harian tentang pola makan dan perasaan anda. Catatlah segala yang ingin anda makan sebelum memakannya. Tuliskan bagaimana perasaan anda dalam perkembangan menuju kebiasaan makan sehat itu. Dan tuliskan juga bagaimana perasaan anda bila berbuat curang kepada diri sendiri, misalnya tidak bisa menahan diri makan permen dan es krim.
  7. Sup dan sayur berkuah bening adalah makanan diet yang baik. Selain menyenangkan, rasanya juga sehat dan segar.
  8. Bila memutuskan makan ditempat luar seperti restoran, tentukan apa yang ingin anda makan. Ketika disana jangan mengubah keputusan itu.
  9. Susunlah jadwal kapan anda boleh makan dan ngemil,
  10. Bacalah label kemasan makanan sebelum anda mengkonsumsinya. Makanan dengan persentase lemak atau karbohidrat (berarti gula) yang tinggi akan mengganggu penurunan berat badan anda. Jangan cuma menghitung berapa gramnya, tapi juga komposisinya. Semakin tinggi persentase kandungan lemak dan karbohidrat dibandingkan dengan kalori keseluruhan, berarti semakin menggemukkan.
  11. Letakkan makanan hanya didapur dan diruang makan, bukan di tempat lain.
  12. Jangan buat diri anda kelaparan dahulu sebelum makan di luar seperti di restoran / pesta. Makan sayur dan buah yang banyak atau minum air putih sampai kenyang dengan tujuan ketika anda makan diluar tidak berlebihan. Ingat, makanan diluar misalnya pesta / restoran cenderung tinggi kalori.
  13. Makanlah secara teratur. jangan melewatkan satu waktu makan pun. Bila tidak mendapat pasokan makan pada waktunya, tubuh anda akan mengarahkan mekanisme pertahanan diri, yaitu dengan menurunkan kecepatan metabolisme akibat tubuh cenderung menyimpan lemak.
  14. Jangan mengira karena anda makan makanan rendah lemak / kalori anda boleh makan apa saja. Apa pun jenis makanannya, semakin banyak dimakan semakin tinggi pula kalorinya dan tetap harus dibakar.
  15. Singkirkan makanan sisa
  16. Buang semua lemak pada daging, buang kulit ayam, jangan makan jeroan.
  17. Sebelum berangkat belanja, siapkan daftar  kebutuhan yang hendak dibeli. Dan jangan pernah pergi belanja dalam keadaan lapar karena akan cenderung jajan.
  18. Lakukan olahraga ringan secara rutin (yang baik adalah jalan kaki) seminggu 3 kali masing - masing 3o menit, lalu tambah jamnya secara bertahap.
  19. Jangan hanya mengukur berat badan, tapi ukur juga ukuran badan misalnya lingkar perut, lingkar paha, dan lingkar lengan. Setelah melakukan olahraga ringan teratur, ukuran badan anda akan turun meskipun berat badan tidak ikut turun. Latihan teratur membentuk otot (daging) dan otot lebih berat daripada lemak.

Demikianlah informasi / artikel cara diet sehat dan aman, semoga informasinya dapat bermanfaat untuk anda.
Advertisement

0 Komentar untuk "Tips Cara Diet Sehat, Mudah Serta Aman"