Mengenal Bagian-Bagian Gitar dan Fungsinya

Bagian-bagian gitar akustik dan fungsinya - kebanyakan remaja yang sudah bermain gitar tidak mengenal bagian-bagian gitar itu sendiri, biasanya mereka cuma bisa memainkannya saja. Bahkan jarang pula yang bisa men-stem (menyetel) gitar sehingga suaranya tidak enak didengar atau sumbang.

Bagian - bagian gitar akustik yang hendak dibahas dalam postingan ini mempunyai fungsi sendiri - sendiri. Dengan demikian sobat GALERI CHORD bisa mengetahui apa kegunaan bagian - bagian itu, terutama bagian telinga gitar sehingga suara yang kita harapkan dapat memuaskan hati. Nah dibawah ini adalah bentuk gitar, bagian - bagian beserta fungsinya, mari kita simak :

Bagian-Bagian Gitar dan Fungsinya Akustik Elektrik

Ket. Gambar :
  1. Kepala
  2. Telinga
  3. Jembatan
  4. Leher
  5. Garis Tekanan
  6. Titik Tengah
  7. Badan Gitar
  8. Lubang Resonansi
  9. Kuda - Kuda
  10. Pangkal Tali
  11. Penahan Tali
Sementara kegunaan dari bagian - bgaian gitar tersebut adalah sebagai berikut :

Bagian-Bagian Gitar Akustik dan Fungsinya

1. Kepala Gitar

Bagian ini mempunyai kegunanaan yang penting, sebab bagian tersebut terdapat lubang telinga sebanyah 2 buah. Pada lubang - lubang ini senar gitar masuk kedalam lubang telinga sehingga suara yang tidak seimbang dapat di stem / di stel.


2. Telinga Gitar

Bagian ini merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan suara yang bagus (enak). Pada telinga gitar terdapat tali (senar gitar)  yang menghubungkan ke penahan tali. Karena kegunaannya untuk menstem, maka alat ini dapat diputar ke kiri dan ke kanan.


3. Jembatan

Bagian ini terbuat dari logam yang terletak dibagian bawah. Dinamakan demikian karena mempunyai fungsi sebagai jalannya senar ke telinga gitar. Sebenarnya bagian ini tidak begitu berfungsi seperti bagian lainnya.


4. Leher Gitar

Pada bagian ini terdapat garis - garis tekanan yang panjangnya sama dengan gitar lainnya.


5. Garis Tekanan

Garis ini terbuat dari logam kuningan. Banyaknya garis tekanan ini tergantung dari panjangnya leher gitar itu sendiri. Bagian ini merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan not - not yang indah.


6. Titik Tengah

Titik ini merupakan tanda pertengahan jarak yang sama antara jembatan dengan kuda - kuda. Titik ini terbuat dari logam, namun kadangkala dari cat. Tanda ini terdapat pada kolom dalam yang kesebelas dan dua belas.


7. Badan Gitar

Bagian ini terbuat dari plywood tipis. Didalamnya terdapat rongga setebal 5 sampai 6 cm. Pada bagian ini terdapat lubang resonansi, sehingga tali (senar gitar) yang tersentuh tangan akan bergetar dan masuk kedalam bagian ini sehingga menimbulkan suara.


8. Lubang Resonansi

Bagian ini berfungsi memasukan getaran senar ke rongga badan sehingga menimbulkan bunyi seperti yang telah saya jelaskan diatas.


9. Kuda - Kuda

Bagian ini mempunyai fungsi untuk memperkuat kedudukan senar gitar. Alat ini terbuat dari logam namun ada pula yang terbuat dari kayu dan mempunyai kedudukan yang tetap, artinya tidak bisa diubah-ubah.


10. Pangkal Tali

Bagian ini merupakan alat yang dibuat permanen sehingga tidak mudah berubah. Senar berpangkal pada alat ini sehingga ketika dikendorkan atau sebaliknya kedudukannya pun tidak akan berubah.


11. Penahan Tali

Bagian ini berfungsi untuk menahan kedudukan pangkal tali agar tidak berubah posisinya jika senar direntangkan. Begitu pula jika senar dikendorkan


Demikianlah artikel / makalah tentang gitar khususnya bagian - bagian gitar akustik dan fungsinya. Setelah mempelajari bagian - bagian gitar tersebut diharapkan sobat mampu bermain dengan baik sehingga menjadi musisi yang handal. Sebab banyak dari remaja yang gemar bermain gitar hanya bisa membunyikannya saja tanpa mengetahui kegunaan dari msasing - masing bagian gitar tersebut, sehingga menstem gitar pun tidak bisa.
Advertisement

2 Komentar untuk "Mengenal Bagian-Bagian Gitar dan Fungsinya"

dendri midin said...

makasih sudah sahre kang .

yuda waluya said...

siap, sama - sama