Beberapa Tips Dalam Memilih Senar Gitar Akustik

tips memilih, membeli dan mengganti senar gitar akustik yang bagus -  pada dasarnya senar gitar yang sudah lama digunakan maka kualitasnya semakin lama akan semakin menurun dan berkurang, entah itu dari suara yang dihasilkannya tidak enak didengar maupun dari fisiknya yang berubah bahkan yang lebih parah sampai senar itu berkarat dan akan mudah putus ketika dimainkan. Dan kalau sudah putus ya terpaksa sobat harus membeli senar gitar baru sebagai gantinya.

Tips Memilih, Membeli, Mengganti Senar Gitar Akustik

Nah dalam postingan kali ini saya akan berbagi informasi untuk sobat dalam memilih dan membeli senar gitar khsususnya jenis gitar akustik, namun sebelumnya ada beberapa merk senar gitar dipasaran yang bagus dan banyak dipakai antaralain :

  1. D'Addario
  2. Martin
  3. Elixir
  4. Ernie Ball 

Nah keempat merk tersebut banyak dipakai karena bagus dan lumayan awet serta banyak dijual dipasaran. Adapun kembali lagi ke judul postingan diatas tips untuk sobat-sobat gitaris semua dalam memilih senar gitar akustik yang bagus dengan memperhatikan point - ponintnya :

Tips Memilih Senar Gitar Akustik

1. Bahan Senar

bahan senar akan berpengaruh besar pada akustik warna suara (timbre) yang kita inginkan. Mari kita bagi warna suara menjadi 3 saja, mellow (warna suara lebih bass, biasanya freq harmonic banyak terkandung di mid freq hingga loq freq), bright (warna suara cempreng, freq harmonic dominan di freq tinggi), dan brilliance (warna suara seimbang, bright dan mellow). Beberapa bahan senar akustik steel yang kita jumpai adalah sebagai berikut: 
  • 80/20 Bronze : Senar ini banyak sekali digunakan oleh gitaris. Warna suara lebih bright.         Cocok untuk lagu-lagu yang butuh strum, lagu yang berkesan ceria.
  • Phosphor Bronze : Senar ini favorit untuk mereka yang suka solo. Warna suara brilliance. Cocok untuk lagu-lagu fingerstyle solo yang lebih banyak metik senar dan tapping.
  • Silk Steel : warna suara lebih mellow. cocok untuk lagu-lagu jazz maupun lagu yang butuh kesan mellow.
  • Flat Tops : warna suara mellow, sedikit bright di senar 1 dan 2. Biasanya digunakan untuk lagu yang butuh suara lembut seperti jazz misalnya. Jadi senarnya seperti nilon tapi terbuat dari steel. Fingernoise gakkan terasa kalo pake senar ini.
Namun ada juga istilah lain seperti bronze alloy, vintage bronze dll pada merk senar lain, namun warna suara yang dihasilkan karakternya tidak berbeda jauh dengan yang disebutkan lain.

  • Coated : Jika pada kemasan senar tertulis coated, artinya senar tersebut memiliki bahan pelapis yang melapisi permukaan bahan senar utama untuk melindungi senar dari karat sehingga memungkinkan senar akan lebih lama bertahan dari karat yang berakibat suara asli senar akan bertahan lama. 

2. Ukuran Senar 

Ada berbagai macam ukuran senar gitar yang tersedia di pasaran. Untuk gitar akustik kita sering membuat istilah “senar kecil”, “senar sedang”, dan “senar besar”. Senar dengan ukuran lebih besar biasanya menghasilkan bunyi yang lebih keras (volume suaranya lebih besar) dan lebih bagus sustain (lama bunyi) nya. Tapi di sisi lain senar ukuran besar akan lebih sakit untuk di-bending buat yang belum terbiasa dan buat yang jarinya agak lembut (biasanya cewek).

Nah, Senar ukuran kecil juga mempunyai kelemahan. Walaupun memang kelebihannya mudah untuk dilakukan bending dan juga tidak membuat jari sakit bagi yang baru belajar gitar. Kelemahan utama senar kecil adalah, untuk yang belum terbiasa melakukan bending, kadang terjadi over tone atau kelebihan nada. Maksudnya, ada kemungkinan waktu “membengkokkan ” senar terlalu berlebih sehingga nada yang dihasilkan tidak sesuai dengan nada yang diinginkan.


3. Ketegangan

Senar gitar Classic dibuat dalam ketegangan yang berbeda. Mereka adalah: tegangan rendah juga disebut sebagai ketegangan moderat atau ringan, normal atau sedang, keras atau tegangan tinggi.
Advertisement

0 Komentar untuk "Beberapa Tips Dalam Memilih Senar Gitar Akustik"