13 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan khasiat bawang merah untuk kesehatan - umbi ini adalah salah satu rempah yang biasa kita gunakan sebagai bahan bumbu dapur untuk masakan. Ya bawang merah !!! ternyata selain dapat digunakan sebagai bahan penyedap masakan, bawang merah atau dengan nama latin (Allium cepa L) juga memiliki banyak manfaat serta khasiat bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk kesehatan rambut kepala dari mulai menyuburkan rambut hingga menghilangkan ketombe.

khasiat manfaat bawang merah untuk kesehatan rambut

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, bawang merah juga telah terbukti dapat menyembuhkan beberapa penyakit secara alami dengan menggunakan pengobatan tradisional. Ini dikarenakan banyak kandungan zat kimia atau senyawa yang berguna dalam mengobati maupun mencegah penyakit tertentu. Adapun kandungan bawang merah ini sendiri diantaranya protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B dan C. Selain itu, bawang merah juga mengandung zat aktif glukoquinine yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah bagi penderita kencing manis / diabetes.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut akan manfaat dan khasiat bawang merah, dibawah ini saya rangkum artikelnya untuk anda :

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh 


1. Mengatasi dan mengobati rambut rontok

Bawang merah kaya akan kandungan sulfur yang berkhasiat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut. Inilah alasan mengapa  bawang merah dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok

Caranya yaitu dengan membuat jus bawang merah terlebih dahulu. Pijatlah kulit kepala dengan hot coconut oil selama 30 menit, sebelum mengoleskan jus bawang untuk membuka pori-pori kulit kepala. Lalu, tutup rambut Anda dengan handuk hangat untuk menguapkan rambut.

 
2. Menumbuhkan rambut

Untuk menumbuhkan rambut yang botak menggunakan bawang merah sangatlah mudah. Anda tinggal memijat mijat kulit kepala dengan jus bawang sehinnga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memicu pertumbuhan rambut baru. Sulfur dalam bawang merah tidak hanya mengurangi rambut rontok, tetapi juga menginduksi pertumbuhan rambut. Campurlah jus bawang merah dengan coconut oil dan pijat kulit kepala. Biarkan selama 40 menit dan kemudian bilas dengan sampo sampai bersih.

3. Menyembuhkan infeksi kulit kepala

Anda tinggal menggunakan jus bawang merah untuk menyembuhkan infeksi kulit kepala. Infeksi jamur ini dapat merusak rambut dan juga menyebabkan kerontokan rambut yang lebih parah. Selain mengobati infeksi kulit kepala, bawang merah juga membantu membuka pori-pori yang tersumbat dari folikel rambut.

4. Mengatasi ketombe

Bawang merah juga bisa mengatasi ketombe dikulit kepala. Caranya cukup sediakan jus bawang merah yang dicampur dengan lemon, dadih, dan tambahkan beberapa tetes madu. Oleskan pada rambut Anda dan biarkan selama 30 menit. Terakhird bilas rambut dengan menggunakan sampo anti ketombe hingga bersih.


5. Menurunkan resiko diabetes

Selain dapat mengobati dan mengatasi permasalah dirambut dan kulit kepala, bawang merah juga berkhasiat dalam menurunkan resiko diabetes. Jika penderita diabetes mengkonsumsi bawang mentah itu sama saja meningkatkan produksi insulin. Untuk para penderita diabetes, seperti dilansir dari Bold Sky, dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang mentah secara rutin.


7. Mengontrol tekanan darah

Sama halnya seperti bawang putih, bawang merah yang dikonsumsi tanpa dimasak atau diolah menjadi jus, diyakini dapat menstabilkan tingkat tekanan darah. Bawang merah mengandung quercetin (suatu flavonol antioksidan) yang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan produksi darah dan juga mengurangi kemungkinan stroke jantung. Membubuhkan bawang merah ke dalam menu salad atau diblender menjadi jus juga bisa membuang racun dari dalam tubuh sekaligus mampu mengontrol masalah hipertensi Anda.


8. Menurunkan kolesterol

Bawang merah juga menjaga kolesterol baik dalam darah yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung. Penelitian telah dilakukan para ilmuwan Hong Kong dengan memberikan bawang merah yang telah dihancurkan pada hamster yang mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.


9. Menyembuhkan sembelit

Serat yang terdapat dalam kandungan bawang mentah membantu keluarnya toksin ataupun partikel makanan yang sulit dicerna oleh usus Anda. Jika Anda mengalami susah buang air besar atau sembelit cobalah konsumsi bawang mentah.


10. Meredakan sakit tenggorokan

Bawang juga dikenal sebagai obat ayurveda saat mengalami batuk dan sakit tenggorokan. Haluskan bawang, seperti membuat jus lalu tambahkan sedikit jahe dan madu.


11. Mengurangi resiko gangguan hati

Mengkonsumsi bawang mentah dapat melindungi hati dari penyakit penyakit koroner. Bawang juga dapat mengendalikan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat.


12. Mengatasi wasir

Menurut penelitian, bawang merah mentah dapat menghentikan perdarahan dan mengurangi rasa nyeri pada dubur akibat wasir atau ambeien. Dengan mengonsumsi tiga kali sehari, rasa nyeri dan perdarahan pada anus akan hilang.


13. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan sulfur pada bawang yang tinggi dapat melindungi tubuh kita dari pembesaran usus. Ini juga termasuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, paru paru dan kanker prostat. Bawang juga dipercaya dapat menyembuhkan gangguan saluran kemih.
Advertisement

0 Komentar untuk "13 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh"