Kandungan Serta Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Kandungan dan manfaat bawang putih bagi kesehatan - rempah-rempah yang satu ini adalah kerabat dari bawang merah yang biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan. Sama halnya dengan bawang merah, bawang putih atau dengan nama ilmiah "Allium Sativum L" juga ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Hal ini dikaranenakan banyak zat / senyawa kimia berguna yang terkandung di dalamnya.

kandungan khasiat manfaat bawang putih untuk kesehatan

Adapun kandung kimia dalam bawang putih itu sendiri diantaranya zat aliin, alisin, enzim aliinase, saponim, belerang, protein, lemak, minyak astiri, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B, dan C. Selain itu bawang putih sangat tinggi akan zat antioksidan yang berperan penting dalam mencegah penyakit kanker.

Dengan banyaknya kandungan zat kimia berguna ini, tentu bawang putih sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Nah untuk mengetahui lebih lanjut manfaat apa saja sih yang ada dalam bawang putih ini, berikut saya rangkum artikelnya untuk anda :

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan


1. Untuk Kesehatan Jantung

Penyakit serangan jantung disebabkan oleh pasokan rendahnya suplai oksigen ke tubuh. Ternyata bawang putih yang masih dalam keadaan segar lebih baik dalam mengurangi kerusakan akibat rendahnya pasokan oksigen tersebut dariapada bawang yang sudah dikeringkan.


2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Bawang putih juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Jadi sangat baik untuk masalah seksual, pasokan energi dan juga menaikkan energi seksual. Ini dikarenakan bawang putih mempunyai sifat afrodisiak yang besar.


3. Menurunkan Kolesterol

Berbagai penelitian menunjukkan mengonsumsi 600 mg bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol.


4. Mengobati Penyakit Kulit

Bawang putih ternyata juga mampu melawan infeksi dan bakteri sehingga membuatnya menjadi obat yang efektif untuk kutil dan masalah kulit lainnya.


5. Mengatur Gula Darah

Bawang putih bisa menjadi salah satu makanan yang diprioritaskan untuk penderita diabetes. Ini karena bawang putih dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan pelepasan insulin pada penderita diabetes.


6. Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, mengendalikan gerakan aliran darah pada organ tubuh dan dapat menghentikan pembekuan darah di pembuluh darah.


7. Menurunkan Resiko Kanker Paru

Dalam sebuah penelitian terbaru di China menunjukkan bahwa bawang putih mentah punya efek menangkal berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit-penyakit kronis dan kanker paru. Para peneliti meyakini bahwa manfaat itu berhubungan dengan kandungan allicin.


8. Antibakteri

Louis Paster menjadikan bawang putih sebagai antibakteri dan antijamur, sedangkan Albert Schweitzer dari Afrika memanfaatkannya sebagai obat disentri. Sifat antibakteri dan anestesi pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan sakit gigi.


9. Mengatasi Penyakit Flu

Kandungan germanium dalam bawang putih juga ternyata mampu untuk meredakan penyakit flu selain dengan banyak minum air putih dan istirahat.


10. Meningkatkan Stamina

Seorang sarjana biologi Jepang bernama Tadashi Watanabe, pernah melakukan riset soal ini dengan menggunakan tikus. Para tikus itu dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama, diberikan makanan biasa. Kelompok kedua, diberikan makanan yang kaya dengan bawang putih.

Setelah beberapa waktu, kedua kelompok tikus itu dicemplungkan ke sebuah kolam. Watanabe menemukan, tikus-tikus dari kelompok kedua sanggup berenang lebih jauh ketimbang tikus-tikus dari kelompok pertama.
Advertisement

0 Komentar untuk "Kandungan Serta Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan"